Pages

Wednesday, August 23, 2017

kerupuk ro garut



Gak lengkap ya rasanya kalo makan gak pake kerupuk. Soalnya biar rame aja kedengarannya, kriuk ... kriuk ... nyem ... nyemm ... Kalo di jakarta bermacam - macam kerupuk yang ditemui, seperti kerupuk yang warnanya putih berbentuk bulat terus ada bolong - bolong kecilnya terus ada juga kerupuk warna coklat dsb. Nah kalo didaerah Garut, kerupuk yang paling khas bagi masyarakat sini yaitu kerupuk ro. Dibacanya bukan ro tapi er-o. Kerupuk ro ini bentuknya bulet kecil - kecil. Kalo beli satuan kayaknya gak akan kenyang deh, gak kayak kerupuk warna putih atau coklat yang gede itu ( yang dijelasin diatas) belinya harus bungkusan yang gede. Kalo beli satuan dihargai Rp. 200,- tapi kalo beli bungkusan yang gede tergantung banyaknya kerupuk ada yang dihargai Rp. 5.000,- atau Rp. 7.000,-. Kerupuk ro ini berbahan dasar seperti adonan cireng, adonan yang udah dibentuk bulet memanjang lalu dipotong - potong, setelah dipotong - potong lalu dijemur sampai kering. Sederhana banget cara pembuatannya. Dari soal rasanya gak kalah dengan kerupuk lainnya. Kerupuk ro ini paling cocok dimakan dengan lotek atau gado - gado.

https://ngrumpi4.blogspot.co.id/
kerupuk ro bawang


kerupuk ro asin

Kerupuk ro pertama kali didirikan oleh bapak Apit sekitar tahun 80 - an yang berada didaerah Kadungora - Garut. Waktu itu dia sekedar iseng - iseng buat adonan cireng lalu setelah adonan itu dipotong - potong kemudian dijemur. Kan biasanya kalo adonan cireng setelah dipotong - potong langsung digoreng eh entah kenapa bapak apit ini dengan sengaja menjemur adonan tadi hingga kering. Sehingga jadilah sebuah kerupuk ro yang enak. Kerupuk ro dibawah pimpinan bapak apit ini, rasanya asin sedangkan kerupuk ro dibawah pimpinan anak - anaknya atau sodara - sodaranya, rasa bawang gurih. Kalo setiap bulan Ramadhan, biasanya masyarakat Garut mengkonsumsi kerupuk ro dengan cara direndam dengan air hangat bersama bumbu yang diracik sendiri dan rasa dari kuah rendaman itu kayak mie baso. Kerupuk ro yang diolah semacam itu dinamakan kerupuk ojay. Kenapa dibilang kerupuk ojay ? karna kerupuknya kayak berenang gitu atau dibilang ngojay alias ojay.


kerupuk ro merah

Biasanya kerupuk ro ini sering disebut juga kerupuk melarat ... * ngenes banget ya *. Kerupuk ro ini digorengnya pake minyak goreng sedangkan kerupuk ro yang warna merah digorengnya pake pasir. Nah kalo kerupuk ro warna merah ini biasanya dikonsumsinya pake sambel oncom. Pokoknya rasanya enak banget ... * pe ngiler * ... Apalagi di bulan Ramadhan kerupuk ro yang satu ini banyak diburu para penggemarnya. Kerupuk ro ini juga sebagai oleh - oleh bagi pengunjung di luar kota Garut.  

0 comments:

Post a Comment