Pages

Sunday, August 27, 2017

Dilema kue pukis dan kue balok

Balok

Pukis

Bingung pilih balok apa pukis ya ???@__@! Abisnya kalo diliat dari bentuknya sama banget. Waktu aku masih tinggal di Bekasi sekitar th. 90an, keseringan kalo beli cemilan pastinya kue pukis. Apalagi tiap mamah aku ke pasar pasti gak pernah ketinggalan beli kue pukis. Udah gitu dimakannya masih anget - anget gitu deh ... mmm enak ... terus minumnya segelas kopi nescafe ... wih mantep ...         Kalo gak salah waktu itu   harganya berkisar Rp. 2500,-/perbungkus. Kalo sekarang mau nyari kue pukis susah banget ditemuinya. Berhubung sekarang aku udah tinggal di Garut, jadi yang ada kebanyakannya tukang gorengan. Kadang bosen makan gorengan mulu, lagipula gak baik buat kesehatan.


Pernah suatu waktu saking kepengen kue pukis, diubek ubek tuh sekitar kota Kadungora - Garut eh gak ketemu ketemu. Malem berikutnya aku nganterin temen beli buryam, eh gak sengaja temen nawarin kue yang disebelah jualan buryam. Namanya kue Balok, aku penasaran kayak apaan sih kue balok itu ? Terus aku masuk ke warung kue balok, aku perhatiin cara bikinnya, eh ternyata bentuknya hampir sama kayak kue pukis. Saking senengnya, akhirnya beli banyak deh. Sesampainya dirumah langsung aku makan tuh kue balok, tapi ... ups ... koq rasanya beda. Yah pikirku, sayang nih beli banyak lagi eh rasanya gak enak. Akhirnya aku kasih aja ke temen - temenku biar pada makan kue baloknya, kata mereka ... enak ...   Kupikir, jelas enak wong mereka asli orang garut jadi terbiasa makan kue balok. Terus temen aku yang lain bilang ... " kalo mau enak harus yang setengah mateng kuenya terus dimakannya yang masih agak panas...". Penasaran +__+ pikirku.


Besok malemnya aku nyoba beli kue balok yang setengah mateng, tapi gak dibungkus atau dibawa pulang, dimakannya langsung di warung kue balok bareng temen - temen. Aku nyoba ... mmm lumayan - lah ... Tapi masih enakan kue pukis. Kalo kue pukis tuh rasanya kayak ada gurih - gurihnya tapi kalo kue balok rasanya tuh terlalu manis bikin eneg. Tapi kata orang sini rasanya enak karena mereka terbiasa dengan cemilan kue balok. Dan mereka pun terbiasa sehabis makan cemilan kue balok, minumnya dengan segelas kopi pait atau segelas bajigur atau bandrek. Itu sih tergantung selera mereka masing - masing. Kue balok ini harga satuannya seharga Rp. 1.800/satuan,-. Kue balok dengan nama " MARANTI " ini sangat digemari oleh masyarakat garut. Toko " MARANTI " ini tidak pernah sepi pembeli. Lagipula toko ini pelayanannya 24 jam nonstop. Udah kayak rumah sakit aja ... hehehe ...


Tanpa disengaja aku jalan - jalan sore hari ( masih sekitar kota Garut ), aku ngliat ada tukang kue pukis. Nah dengan nada seneng banget, langsung dihampirilah tuh tukang kue pukis. Terus aku beli sekali banyak ... ngborong deh... hehehe ... Abisnya saking kangennya sama nih kue pukis ... Sekarang kue pukis dihargai Rp. 1.000/satuan,- udah gitu ada banyak macem - macem rasanya, diantaranya nanas, coklat, keju, pandan dan original.



0 comments:

Post a Comment