Pages

Friday, September 8, 2017

penanganan gas elpiji " meleduk "



Pada tanggal 6 September 2017 tepatnya hari Rabu ini, di kantor UPTD tempat aku bekerja diadakan pelatihan penanganan gas bocor alias meleduk ... hehehe ... *kayak lagunya bang Ben nih awas kompor meleduk_duaaar*....   Kalo udah ngomongin masalah gas gak ada habisnya ya ,,, serba takut ... takut inilah takut itulah yang bisa menyebabkan kebakaran ... *ih serem amat ya*... Terutama ibu - ibu nih yang terkadang suka panik gak karuan alias riweh teu puguh ( sunda ). Dirumah juga kalo aku mau gonta ganti gas gak pernah bisa sendiri alias gak berani, terkadang aku minta bantuan orang rumah atau manggil tukang gas untuk masang gas tersebut.







Petugas Dinas Pemadam Kebakaran juga mengatakan banyak sebagian para Ibu Rumah Tangga selalu panik akan hal kompor gas bocor. Bahkan asumsi sebagian masyarakat apabila mendapati gas bocor, saking paniknya gas harus dilempar ke kolam ,,, entah itu kolam ikan atau kolam renang sekalipun ... hehehe ... pokoknya kolam yang ada airnya. *Lha terus gimana kalo rumahnya kagak ada kolam ikan atau kolam renang*... Katanya sih disiram pake air ditempat terbuka. Tapi ada juga masyarakat karena saking paniknya, dibawalah gas bocor tersebut kedalam bak mandi. *wah wah wah*. Padahal asumsi atau dugaan seperti itu sangatlah keliru.  Petugas Dinas Pemadam Kebakaran menyarankan :   " jikalau mendapati gas bocor, bawalah gas tersebut ke ruangan terbuka dan jangan melakukan apa - apa lagi atau dibiarkan saja, dengan cara menyiramkan air pada gas bocor itu merupakan cara yang salah malah memperparah keadaan ". Terus ada teman aku nanya : Pak, bagaimana kalo gasnya meledak ? Tidak akan, kata Petugas tersebut. Pastikan saja agar menutup dengan jari tangan pada ujung selang gas yang mengeluarkan api tersebut. Karena dengan cara ini dapat membuat kobaran api akan padam. Dan setelah api padam maka cabutlah selang regulator dari tabung gas tersebut. 
Petugas pun menyarankan : " jikalau mendapati selang regulator sudah tidak layak terpakai lebih baik diganti dengan yang baru, karena itu juga bisa menjadi pemicu
penyebab kebakaran ". Dan juga perhatikan dengan baik dalam melakukan pemasangan selang regulator yang benar.





Pelatihan gas yang diadakan di kantor UPTD tersebut dinamakan MITIGASI. Apa itu MITIGASI ?  mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana.   







0 comments:

Post a Comment