Pages

Monday, August 28, 2017

puasa sunnah dzulhijjah berapa hari




Beberapa hari lagi sudah mau memasuki Hari Raya Idul Adha nih atau disebut juga Lebaran Haji. Tentunya bagi sebagian muslim menjalankan puasa sesuai sunnah Rasulullah. Akan tetapi sebagian muslim suka bingung dalam menjalankan puasa haji ini karena banyak yang tidak tahu berapa hari sebenarnya puasa haji ini dapat dilaksanakan ? Berbeda lagi jika kita menjalankan puasa Ramadhan, karena itu sudah jelas pelaksanaannya kurang lebih 30 hari atau terkadang ada juga yang terhitung 29 hari. 




Hari Raya Idul Adha tentunya dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah sementara puasa sunnahnya dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah atau satu hari sebelum tanggal 10 Dzulhijjah. Pada tanggal 9 Dzulhijjah ini dimana Umat Muslim yang melaksanakan ibadah haji sedang melakukan wukuf di padang Arafah. Jadi puasa haji ini dilaksanakan hanya " satu hari " saja yakni tanggal 9 Dzulhijjah atau sebelum Hari Raya Idul Adha.




Akan tetapi ada juga orang yang melaksanakan puasa sunnah haji ini sebelum tanggal 9 atau 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah. Lalu pertanyaannya bagaimana dengan orang yang melaksanakan puasa pada tanggal 1 hingga 8 Dzulhijjah ? Sebenarnya boleh - boleh saja bahkan dalam ajaran Islam sangat dianjurkan karena pada 10 hari pertama pada bulan Dzulhijjah ini merupakan hari terbaik dimana Umat Muslim telah melakukan amal sholeh. Namun puasa yang dilaksanakan pada 10 hari pertama atau terhitung dari tanggal 1 hingga 8 Dzulhijjah ini termasuk amalan sholeh dan tidak termasuk kedalam puasa sunnah haji.
Dalam menjalankan puasa sunnah haji ini layaknya seperti puasa sunnah senin kamis,  tidak dapat diqadha karena ada halangan atau ada hal lain sebagainya dengan meninggalkannya. 




Jadi silahkan pilih menurutnya mudah dilakukan, mengikuti puasa sunnah tertanggal 1 hingga 8 Dzulhijjah atau sehari saja yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. * kalo menurut aku sih, ngikutin puasa sunnah dari tanggal 1 nyampe 9 Dzulhijjah biar dapet banyak pahalanya .... hehehe *  



Ayo perbanyak puasa sunnah dan dalam kesempatan puasa haji ini peluang emas berlomba - lomba dalam meraih pahala untuk bekal di kampung akhirat nanti. Jangan mau daging kurbannya doank buat disate atau digule, puasanya "moh atau ogah - ogahan" alias kaga mau. 
Bagi yang sedang menjalankan haji, Semoga menjadi haji mabrur dan mabruroh ...


Met Idul Adha ... Met Qurban ... Met Pesta Daging













0 comments:

Post a Comment