Pages

Wednesday, August 9, 2017

Motor Tua Antik Gaya Nyentrik



Tentunya tidak asing lagi mendengar " motor tua makin antik yang bermodifikasikan menarik dengan gaya nyentrik " ini paling banyak dicari oleh sebagian kalangan masyarakat. Di dunia otomotif yang semakin berkembang, justru masih banyak orang yang sedang memburu motor - motor jadul. Setidaknya ada 3 motor tua yang paling dicari di Indonesia. Motor - motor ini terbagi dari berbagai merk dan memiliki kualifikasi yang berbeda - beda pula. Berbagai merk motor klasik ini tidak hanya dicari oleh para kolektor motor klasik namun dicari juga oleh para pecinta otomotif yang suka memodifikasi motor seperti memodifikasi mesin dari motor - motor antik namun tetap mempertahankan model dari motor yang klasik dan yang bukan. Dengan cara memodifikasi motor klasik,  harga motor pun dapat meningkat karena modifikasi dengan mesin yang baru. Selain itu desain dan model motor juga menjadi alasan motor dihargai dengan harga yang tinggi. 

Adapun motor tua yang paling dicari adalah motor keluaran Eropa dan Jepang. Motor keluaran Eropa dan Jepang ini paling banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia baik karena model hingga kualitas mesinnya yang diantaranya yaitu motor anti norton. Motor produksi Inggris ini awalnya diproduksi untuk keperluan militer yaitu untuk memenuhi kebutuhan para tentara pada saat perang. Oleh karena itu untuk performa motor ini tidak perlu dipertanyakan lagi, motor ini sudah dapat dipastikan adalah motor yang tangguh. Walaupun pada awalnya norton dikenal sebagai motor para tentara lama kelamaan beralih menjadi motor balap dan memberikan hasil yang memuaskan. Dengan klasifikasi mesin 500 cc. Norton terbukti dapat memberikan performa yang sangat tidak mengecewakan. 

Selain motor produk Eropa, motor produk - produk keluaran Jepang juga banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Selain karena performa dan model harga motor dari Jepang termasuk terjangkau. Salah satu motor antik yang banyak dicari adalah honda cb. Memiliki model klasik yang terlihat retro didesain dari setiap bagian memiliki keunikan tersendiri. Seperti lampu yang didesain berbentuk bulat, spakbor belakang yang dibuat dari plat kaleng dan lainnya membuat honda cb memiliki ciri tersendiri yang unik. Pada tahun 1971 PT. PETRA MOTOR pertama kali mengeluarkan motor dengan nama honda cb di Indonesia. Bahkan hingga mengeluarkan dengan 4 varian yang dibedakan dari mesin yaitu : cb 100 cc, 125 cc, 175 cc dan 200 cc. Penjualan honda cb sendiri bisa dikatakan berhasil karena pada tahun 1981-an motor ini sudah terjual hingga 600 ribu unit. Hal ini dikarenakan dengan harga yang murah sehingga dapat dibeli oleh siapa saja serta perawatan motor yang tidak sulit bila dibandingkan dengan motor keluaran Eropa. 

Bagi sebagian orang pecinta motor klasik, dalam mengendarai atau mengoleksi motor antik memiliki kebanggaan tersendiri. Karena dianggap turut melestarikan cagar budaya ini disebabkan motor tua merupakan bagian dari sejarah bangsa Indonesia. Selain itu karena tidak semua motor tua memiliki kelengkapan surat - surat seperti layaknya motor baru dengan begitu para penggemar motor tua juga berharap adanya pengecualian dari pihak kepolisian bagi pemilik motor tua untuk dapat tetap mengendarai motor klasiknya tanpa adanya pelanggaran tertentu.  

Peminat motor tua atau motor antik membuat sebuah bengkel spesialis motor tua yang berada di kawasan Jakarta Selatan ini terlihat disibukkan dengan berbagai modifikasi. Banyaknya peminat motor tua ini membuat para mekanik harus bekerja ekstra untuk menyelesaikan semua pesanan. Sementara itu untuk memiliki motor antik harus diperhatikan juga cara perawatannya, karena model motor yang sudah lama seperti onderdil motor sudah tidak dijual dipasaran lagi sehingga motor membutuhkan perawatan khusus. Perawatan yang wajib dilakukan adalah service motor secara berkala dan teratur terutama untuk motor antik yang sering digunakan setiap hari. Untuk motor yang sering digunakan disarankan untuk sering dilakukan service setiap satu bulan sekali sehingga performa motor tetap terjaga. Namun dalam memodifikasi motor tua berbeda dengan memodifikasi motor yang umurnya lebih muda, disini dibutuhkan keahlian khusus karena dalam pekerjaannya cukup rumit dan memakan waktu lama. 

Peminat motor klasik atau antik tidak hanya datang dari kalangan orang tua saja namun para remaja pun kini sudah banyak yang tergila - gila dengan motor klasik yang antik dan nyentrik ini.  

0 comments:

Post a Comment